Jenis-jenis Karangan Ilmiah

Berikut beberapa jenis-jenis karangan ilmiah yang termasuk dalam karangan ilmiah

Jenis-jenis Karangan Ilmiah


Artikel
Artikel adalah tulisan berisi pendapat subjektif penulisnya tentang suatu masalah atau peristiwa.
Dalam konteks ilmiah, Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati. Artikel ilmiah diangkat dari hasil pemikiran dan kajian pustaka serta hasil pengembangan proyek.

Sistematika artikel
1.      Judul
2.      Nama penulis (tanpa gelar akademik)
3.      Abstrak (ringkasan tulisan, gambaran umum isi artikel)
4.      Kata kunci (3-5 keywords)
5.      Pendahuluan (latar belajang masalah dan rumusan singkat (1-2 kalimat) pokok bahasan dan tujuannya)
6.      Kerangka teori/kajian teori (dasar teori yang menjadi acuan)
7.      Pembahasan (kupasan, analisis, argumentasi, komparasi, keputusan, pendirian atau sikap penulis)
8.      Penutup (kesimpulan dan saran)
9.      Daftar pustaka



Makalah
Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah biasanya disajikan dalam sebuah seminar atau di presentasikan di kelas (tugas perkuliahan).
Makalah yang di artikan sebagai karya ilmiah mahasiswa mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. Makalah mahasiswa umumnya merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan perkuliahan, baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan.
Pengertian yang lain dari makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu maslah atau topic tertentu yang ditulis secar sistematis dengan di sertai analisis yang logis dan objektif. Makalah ditulis untuk di sajikan dalam forum ilmiah.

Sistematika makalah
1.      Pendahuluan
2.      Pembahasan
3.      Kesimpulan

Kertas Kerja
Kertas Kerja (work paper) pada prinsipnya sama dengan makalah, namun di buat dengan analisis lebih dalam dan tajam dan di presentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya di hadiri oleh ilmuan. Kertas kerja itu menjadi acuan untuk tujuan tertentu dan bias diterima atau di mentahkan oleh forum ilmiah.

Paper
Paper adalah sebutan khusus makalah di kalangan akademisi (mahasiswa) dengan kegiatannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi (diploma/S1/S2/S3). Sistematika penulisannya sama dengan artikel atau makalah. Tergantung pendidikan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing.

Skripsi
Skripsi adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S1 (sarjana). Skripsi berisi tulisan sistematis yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain.
Pendapat yang di ajukan harus di dukung oleh data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung (observasi  lapangan / percobaan di laboratorium) juga  diperlukan sumbangan material berupa temuan baru dalam segi tata kerja, dalil-dalil atau hukum tertentu tentang salah satu aspek atau lebih di bidang spesialisasinya.

Tesis
Tesis adalah karya tulis mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S2  (pasca sarjana) yang sifatnya mendalam dibandingkan dengan skripsi. Tesis mengungkapkan pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian sendiri.

Disertasi
Disertasi – disebut juga “Ph.D Thesis” adalah karya tulis ilmiah untuk menyelesaikan jejnajng studi S3 (untuk menyelesaiakan gelar Doktor/Dr) yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penilis berdasarkan dat dan faktayang valid dengan analisis yang terinci. Disertasi ini berisi tulisan penemuan sendiri, yang berupa temuan orisinal.

Artikel Ilmiah Populer
Yaitu karya ilmiah yang ditulis dengan gaya bahasa popular (bahasa media/bahasa jurnalistik) untuk dimuat di media massa (surat kabar, majalah, tabloid).
Artikel ilmiah popular tidak terikat secara ketat dengan aturan penulisan ilmiah. Artikel ilmiah ditulis lebih bersifat umum, untuk konsumsi public. Dinamakan ilmiah popular karena ditulis bukan untuk keperluan akademik tetapi untuk dikomunikasikan kepada public melalui media massa. 

Surat pembaca
Surat pembaca adalah surat yang berisi kritik dan tanggapan terhadap isi suatu tulisan ilmiah.

Laporan kasus
Laporan kasus adalah tulisan mengenai kasus-kasus yang ada yang dilandasi dengan teori.
tujuan dari ditulisnya laporan kasus adalah untuk menceritakan secara lengkapdan jelas mengenai apa yang telah dilihat dari suatu masalah. Didalamlaporankasus penulis tidak perlu memberikan laporan mengenai cara-cara dalam menyelesaikan suatu permasalahan tersebut, namun hanya menyampaikan secara detail apa yang telah dilihat saja.

Laporan tinjauan
Laporan Tinjauan adalah tulisan yang berisi tinjauan karya ilmiah dalam kurun waktu tertentu. Misalnya Biologi-calAnthropohgy in the Americas: ¡900-2000.

Resensi
Resensi adalah tanggapan terhadap suatu karangan atau buku yang memaparkan manfaat karangan atau buku tersebut bagi pembaca.

Monograf
Monograf adalah karya asli menyeluruh dari suatu masalah. Monograf ini dapat berupa tesis ataupun disertasi.

Monograf berisi satu topik atau sejumlah topik (subjek) yang berkaitan, dan biasanya ditulis oleh satu orang. Selain itu, monograf merupakan terbitan tunggal yang selesai dalam satu jilid dan tidak berkelanjutan.
Dalam ilmu perpustakaan, definisi monograf adalah terbitan yang bukan terbitan berseri yang lengkap dalam satu volume  atau sejumlah volume yang sudah ditentukan sebelumnya. Monograf berbeda dengan terbitan berseri seperti majalah, jurnal, atau surat kabar

Monograf adalah tulisan (karangan, uraian) mengenai satu bagian dari suatu ilmu atau mengenai suatu masalah tertentu. Monograf ditulis dengan tujuan untuk memberikan keterangan kepada pembaca, agar pembaca dapat mengerti mengenai apa yang telah ditulis oleh penulis. Isi dari monograf harus saling berkaitan dari satu bab ke bab yang lain, monograf merupakan suatu karya ilmiah dan sasarannyapun ditujukan kepada orang-orang yang mempunyai pemikiran yang berdasarkan keilmuan.

Referat
Referat adalah suatu ceramah singkat mengenai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berlangsung antara 10-20 menit,seringkali referat juga mengantarkan ke dalam salah satu bidang atau dipakai sebagai salah satu acara dalam perundingan ,sehingga orang menyebutnya pengantar singkat atau referat singkat,referat dapat juga dibawakan dalam diskusi, pada dasarnya referat dibatasi uraiannya pada hal-hal yang esensial,sehingga lebih mengenai budi dan bukan perasaan manusia.

Referat merupakan kertas kerja atau makalah yang disampaikan di suatu pertemuan ilmiah (seminar,konferensi,kongres). Referat dapat juga diartikan sebagai tinjauan mengenai karangan sendiri atau karangan orang lain,akan tetapi bukan hasil dari penelitian

Kabilitasi
Kabilitasi adalah karangan-karangan penting yang dikerjakan sarjana Departemen Pendidikan Nasional untuk bahan kuliah.

Biasanya kabilitasi terbit setiap Minggu sekali atau satu bulan sekali dalam suatu pertemuan rutin. Tulisan dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada publik, yang dilakukan pada acara tertentu.

Laporan Penelitian
Laporan Penelitian adalah laporan yang ditulis berdasarkan penelitian. Misalnya laporan penelitian yang didanai oleh Fakultas dan Universitas, laporan ekskavasi arkeologis yang dibiayai oleh Departemen Kebudayaan

Proposal.
Proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan.