Cara mengganti Van-belt sendiri

Van-belt adalah satu komponen terpenting yang terdapat di motor matic. penggunaannya sendiri hampir sama dengan rantai pada motor bebek lainya, namun kalau motor matic menggunakan bahan seperti karet tebal. Pergantian Van-belt pada umumnya sekitar 35 per-km.




Oleh karena itu saya punya cara untuk memasang atau menggantiannya tanpa harus datang ke bengkel kemudian merogoh kantong yang tebal, kalau bisa sendiri kan lumayan bisa buat kebutuhan lainnya.

Sebelum mengetahui bagaimana caranya, nih saya ada seikit ulasan ciri – ciri Van-belt yang harus diganti. anda harus mengganti Van-belt apabila V pada beltnya sudah mulai botak atau bahkan sudah ada yang hilang. akibanya jika Van-beltnya sudah rusak pasti tidak bisa dijepit dengan baik oleh puli. kalau sudah seperti itu meskipun anda menggas dengan kencang atau tinggi, motor pasti tidak akan mau jalan. meskipun jalan mungkin sering terpeleset.

Nah untuk itu anda perlu mengecek dan mengganti Van-belt secara berkala. cara menggantinya sangatlah mudah. Mari simak langkah langkahnya berikut ini.

1. langsung saja buka cover atau bak CVT dengan menggunakan kunci T8
2. setelah baut yang berada pada bak CVT lepas semua, tarik secara perlahan bagian baknya. dan apabila sedikit susah boleh untuk di ketok – ketok sedikit agar mudah lepas. Namun perhatikan, gunakan karet sebagai alat mengetoknya.
3. setelah bak terlepas, tekan terlebih dahulu Van-beltnya agar menjadi renggang dengan puli belakang yang masih menjepitnya.
4. lepaskan gir starter yang terletak tepat di atas rumah roller dengan menggunakan tangan.
5. lalu lepaskan puli belakjang dengan menggunakan kunci ring 19. cara membukanya dengan memutar berlawanan dengan arah jarum jam. dan pada saat yang sama mintalah bantuan orang untuk memencetkan rem belakang yang tujuannya agar puli belakang tidak ikut berputar.
6. lepaskan mangkuk yang diikuti dengan puli belakang. sedikit tenaga yah untuk melepasnya.
7. setelah selesai buka juga puli depan dengan menggunakan kunci sok 22. caranya sama namun untuk menahan agar tidak berputar dapat anda berikan ganjalan dengan menggunakan baut 3-5cm.
8. setelah selesai tinggal lepaskan puli depan.
9. nah sekarang ambil Van-beltnya dan gantilah dengan yang baru.
10. Kemuadian tutup kembali baknya.
11. Selesai

Gampang banget kan caranya, anda bisa mencobanya sendiri.