Cara Memahami dan memaknai Sebuah Puisi

Materi Kuliah Bahasa Indonesia - Berikut artikel yang berisi mengenai cara memaknai dan memahami puisi. Apakah kegiatan mendengarkan puisi telah kamu lakukan pada materi pelajaran sebelumnya. Sebagai salah satu kegiatan karya sastra, kegiatan mendengarkan puisi bukan saja sekedar kegiatan menikmati karya sastra itu sendiri tapi lebih pada perenungan terhadap puisi sebagai karya sastra, termasuk isi dari puisi yang didengarkan.
Puisi merupakan sebuah struktur yang kompleks, untuk memahaminya diperlukan analisis sehingga dapat diketahui bagian-bagiannya serta jalinannya secara nyata. Analisis pada segi bentuk dan isi belumlah cukup untuk memberikan gambaran nyata dan memuaskan, namun setidaknya terbuka sedikit tabir dari makna dan nilai yang terkandung dalam isi puisi.

Cara Memahami dan Memaknai Sebuah Puisi


Memahami Puisi
Salah satu cara untuk memahami puisi adalah dengan melakukan analisis terhadap isi puisi. Terdapat beberapa tahap untuk memahami puisi dengan melakukan analisis isi puisi. Tahapannya sebagai berikut :
1. Aspek Bunyi
Sebuah puisi akan bermakna jika dibaca oleh karena itu memahami aspek rima, irama, jeda, nada, dan intonasi pembacaan merupakan langkah awal untuk memahami isi puisi. Perhatikan perulangan-perulangan yang digunakan, permainan vokal-konsonan dalam puisi, penekanan pada kata tertentu, sajak-sajak serta unsur-unsur bunyi yang lainnya.
2. Aspek kata
Salah satu definisi puisi menyebutkan bahwa puisi merupakan pola permainan kata yang terkandung makna di dalamnya. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa aspek utama dalam sebuah puisi adalah rangkaian kata. Lakukan pemahaman terhadap makna kata per kata yang dilanjutkan dengan pemahaman rangkaian kata yang membentuk bait. “Apakah sebuah kata akan memiliki perbedaan makna setelah terangkai dalam sebuah bait puisi? Ataukah masih memiliki makna yang sama? Apa ada pengaruh dari rangkaian kata sebelumnya pada makna kata atau rangkaian kata selanjutnya?” Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang pada akhirnya mampu memberikan pemahaman pada isi puisi.

3. Aspek Intrinsik Puisi
Pemahaman terhadap aspek intrinsik puisi sangat membantu pemahaman terhadap isi puisi. Dalam aspek intrinsik puisi memuat objek-objek yang dikemukakan, latar, pelaku, dan dunia pengarang. Objek yang dikemukakan dalam hal ini memuat hal-hal yang diangkat pengarang dalam puisinya, misalnya perahu, bulan, air laut, kehidupan dan banyak lagi objek lain yang digunakan. Latar , sama halnya dengan prosa, memuat latar tempat dan waktu. Pelaku, dalam hal ini juga memuat pelaku yang dimunculkan dalam puisi, misalnya si aku atau tokoh yang lain. Pada puisi Teratai karya Sanusi Pane diperuntukkan pada tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara.
4. Pemaknaan Secara Implisit
Pada tahap ini pemaknaan dilakukan secara menyeluruh sehingga terangkai sebuah cerita, kisah, peristiwa, atau yang lainnya.
Perhatikan puisi berikut. Sepotong Senja Untukmu
5. Tahap Perenungan
Pada tahap ini pembaca dituntut untuk melakukan penyimpulan dan perenungan terhadap isi puisi secara menyeluruh tentang makna sebuah puisi. Makna yang terkandung didalamnya.
Demikian Materi Kuliah Bahasa Indonesia tentang cara memahami puisi yang saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda, baik membantu mencari referensi baru atau membantu anda dalam menyelesaikan mata kuliah yang sulit. Apabila ada kritik dan saran jangan sungkan berikan komentar anda pada saya.